Sabtu, 28 Agustus 2010

Siti Nurhaliza Keturunan Jawa?


Kenapa ya kok Malaysia gemar sekali mencaplok budaya Indonesia, setelah batik, reog dan rasa sayange diklaim sebagai budaya mereka, kini giliran Tari Pendet asal Bali yang diklaim. Akankah kedepannya goyang dangdut juga diklaim, karena saya sudah tidak sabar untuk melihat bagaimana "koplo"nya goyangan orang Malaysia, bukak sithik, JOS!

Mungkin taraf "maling" mereka belum sampai ke level "budaya kelas berat" seperti dangdut ini, karena di Malaysia saya kira tidak akan ada produk sedahsyat Inul, Uut, Perssik, Bahar dan "sarjana teknik" lain yang nekat alih profesi jadi penyanyi dangdut.

Namun satu hal yang lebih mengganggu pikiran saya, yaitu apakah Siti Nurhaliza benar2 asli milik Malaysia? Jangan2 Siti adalah hasil caplokan juga dari Indonesia, atau jangan2 malahan keturunan TKI-TKW kita yang entah berapa generasi telah tinggal dan mencari penghidupan ~ dan alhamdulillah sukses lantas beranak-pinak ~ di Malaysia?

Sebagaimana kita tahu, "Siti" adalah nama tambahan yang untuk kaidah sopan-santun diberikan orang Jawa untuk menghormati wanita2 mereka, sebagaimana tambahan "Siti" kepada Siti Hajar dan Siti Khatijah istri Nabi Muhammad. Sebagaimana "Kanjeng" dan "Gusti" untuk memuliakan Kanjeng Nabi, Kanjeng Sunan, Gusti Allah serta Gusti Pangeran.

Duh Gusti, benarkah Siti Nurhaliza asli Malaysia?

Tidak ada komentar: